Pages

Total Tayangan Laman

Monday, April 15, 2013

PERANAN DAN TUGAS SEKRETARIS


“A Secretary assist an excecutive in carrying out the detail o his work. The executive depend ons upon his secretary primarly for assistance in handling the details of communications such as telephoning, telegraphing, filling and duplicating.’’Beamer, Hanna, Popham ( Effective Secretarial Practise).

Secara general peranan sekretaris menyangkut :
1.        Terhadap atasan :
•         Sumber dan filter informasi bagi pimpinan, dalam memenuhi fungsi, tugas dan tanggung jawab.
•         Assiten/tangan kanan pimpinan dalam mengatur aktivitas perusahaan. Mulai dari administrative sampai human relations.
•         Perantara bagi pimpinan dan pihak-pihak yang ingin berhubungan dengan pimpinan.
•         Alternatif pemikiran dari pimpinan dalam hal penuangan ide-ide.
•         Secret Keeper/pemegang rahasia pimpinan kaitannya dnegan tugas perusahaan.
•         Mediator pimpinan dengan bawahan.

2.       Terhadap bawahan/karyawan :
•         Membantu memberikan motivasi kepada karyawan lain.
•         Mediator antara bahawan/karyawan dengan pimpinan.
•         Membantu/memfasilitasi bawahan ketika hendak bertemu dengan pimpinan.
•         Memberikan rasa puas dan bangga kepada bawahan terhadap hasil kerja mereka.

TUGAS SEKRETARIS
Di banding dengan posisi lain, sekretaris termasuk karyawan yang memiliki multi tugas, di antaranya :
1.        Menurut wewenangnya.
•         Tugas rutin. Meliputi pengetikan, making call, menerima tamu, korespondenci, filling, surat menyurat.
•         Tugas instruksi. Meliputi penyusunan jadwal perjalanan, making appointment, pengaturan keuangan, persiapan dan penyelenggaraan rapat, arrange schedule.
•         Tugas kreatif. Meliputi pembuatan formulir telepon, dokumentasi,mengirim ucapan kepada klien, mengatur ruang kantor pimpinan.
2.       Menurut jenis tugasnya.
•         Tugas administrasi.perkantoran. meliputi surat menyurat, pembuatan laporan, filling.
•         Tugas resepsionis. Meliputi making call, melayani tamu, menyusul jadwal pertemuan pimpinan.
•         Tugas social. Meliputi mengatur rumah tangga kantor, mengirim ucapan selamat kepada relasi, mempersiapkan respsi/jamuan.acara resmi kantor.
•         Tugas insidentil. Meliputi mempersiapkan rapat,mempersiapkan pidato, presentasi, dan mempersiapkan perjalanan dinas pimpinan.


Sumber : http://greatsecretary.wordpress.com/2007/02/13/peranan-dan-tugas-sekretaris/

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About