Monday, April 15, 2013
PERANAN DAN TUGAS SEKRETARIS
“A Secretary assist an excecutive in carrying out the detail o his work. The executive depend ons upon his secretary primarly for assistance in handling the details of communications such as telephoning, telegraphing, filling and duplicating.’’Beamer, Hanna, Popham ( Effective Secretarial Practise).
Secara general peranan sekretaris menyangkut :
1. Terhadap atasan :
• Sumber dan filter informasi bagi pimpinan, dalam memenuhi fungsi, tugas dan tanggung jawab.
• Assiten/tangan kanan pimpinan dalam mengatur aktivitas perusahaan. Mulai dari administrative sampai human relations.
• Perantara bagi pimpinan dan pihak-pihak yang ingin berhubungan dengan pimpinan.
• Alternatif pemikiran dari pimpinan dalam hal penuangan ide-ide.
• Secret Keeper/pemegang rahasia pimpinan kaitannya dnegan tugas perusahaan.
• Mediator pimpinan dengan bawahan.
2. Terhadap bawahan/karyawan :
• Membantu memberikan motivasi kepada karyawan lain.
• Mediator antara bahawan/karyawan dengan pimpinan.
• Membantu/memfasilitasi bawahan ketika hendak bertemu dengan pimpinan.
• Memberikan rasa puas dan bangga kepada bawahan terhadap hasil kerja mereka.
TUGAS SEKRETARIS
Di banding dengan posisi lain, sekretaris termasuk karyawan yang memiliki multi tugas, di antaranya :
1. Menurut wewenangnya.
• Tugas rutin. Meliputi pengetikan, making call, menerima tamu, korespondenci, filling, surat menyurat.
• Tugas instruksi. Meliputi penyusunan jadwal perjalanan, making appointment, pengaturan keuangan, persiapan dan penyelenggaraan rapat, arrange schedule.
• Tugas kreatif. Meliputi pembuatan formulir telepon, dokumentasi,mengirim ucapan kepada klien, mengatur ruang kantor pimpinan.
2. Menurut jenis tugasnya.
• Tugas administrasi.perkantoran. meliputi surat menyurat, pembuatan laporan, filling.
• Tugas resepsionis. Meliputi making call, melayani tamu, menyusul jadwal pertemuan pimpinan.
• Tugas social. Meliputi mengatur rumah tangga kantor, mengirim ucapan selamat kepada relasi, mempersiapkan respsi/jamuan.acara resmi kantor.
• Tugas insidentil. Meliputi mempersiapkan rapat,mempersiapkan pidato, presentasi, dan mempersiapkan perjalanan dinas pimpinan.
Sumber : http://greatsecretary.wordpress.com/2007/02/13/peranan-dan-tugas-sekretaris/
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment